[MV Review] B.A.P – 1004 (Angel)

1

B.A.P is back! Akhirnya kembali dengan 1st full length album perdana mereka, First Sensibility. Barusan saya selesai download dan sekarang lagi proses dengerin lagunya.

Kali ini pun, B.A.P kembali mencoba genre baru pada title song mereka kali ini yang berjudul 1004 (Angel). Dari lagunya sih, genrenya terdengar seperti slow rock dan terkesan melankolis, tetapi saya suka! Pertama denger teasernya aja langsung ga sabar nungguin full song-nya keluar. Dan setelah MV-nya keluar, reaksi saya : WOW. ANOTHER MASTERPIECE STORYLINE FROM TS. Setelah MV One Shot sukses dengan plot twist pada storyline-nya, kini di MV 1004 TS sukses membuat another storyline yang benar-benar beda dari MV K-POP biasanya.

Kali ini pun saya membuat MV Review B.A.P – 1004. Tapi kali ini dibuat sedikit serius dan lebih singkat ya :3

MV 1004 bercerita tentang kegelisahan cowok setelah ditinggal mati oleh dari pacarnya, si cowok menjadi bingung. Seolah tersesat karena tak tahu jalan arah pulang karena terus teringat akan keberadaan pacarnya. Intinya begitu~

Di dalam MV 1004 ini, karakter yang sebenarnya ada hanya satu, yaitu Daehyun. Kemunculan member lain (Jongup, Youngjae, Himchan, Zelo) di MV ini sebenarnya hanyalah bagian dari perasaan Daehyun. Alias flashback.

Lah Yongguk? Dia disini berperan sebagai afterlife-nya Daehyun alias Daehyun setelah hidup di alam ‘sana’.

Bingung? Berikut penjelasan lebih detail ~

Opening MV 1004 dibuka dengan Yongguk yang sedang berlari-lari di tengah pemandangan yang tidak biasa. Dengan latar MV yang berwarna hitam dan putih, terdapat sebuah tulang(?) raksasa, atau perlu saya sebut ceker ayam raksasa? Ah sudahlah, yang manapun, yang jelas Yongguk berlari di tengah pemandangan seperti itu.

vlcsnap-2014-02-04-16h55m26s221

Dilihat dari ekspresinya awal-awal, Yongguk sih nampak kebingungan. Eh tapi ternyata dia sedang mencari sesuatu.

vlcsnap-2014-02-04-16h09m41s185

Opening selesai. Scene beralih ke Daehyun.

vlcsnap-2014-02-04-16h09m56s77

Daehyun memegang peran penting di dalam MV ini, karena apa-apa yang dilakukan olehnya selalu berhubungan dengan peran member lainnya (yang ceritanya mereka berperan menjadi Daehyun juga).

Daehyun berjalan masuk ke dalam rumah yang penuh kenangan dengan pacarnya (mari sebut saja nama pacarnya Daehyun disini Cheonsa). Tampak muka Daehyun yang terlihat sangat, sangat galau.

vlcsnap-2014-02-04-16h10m24s91

Sesaat setelah scene itu, warna MV berubah menjadi hitam putih. Lagi. sama seperti scene openingnya Yongguk tadi.

Kali ini, terlihat Cheonsa sedang melihat sebuah miniatur rumah bersama dengan jam pasir di sebelah kirinya.

vlcsnap-2014-02-04-16h16m20s71

Yap. Miniatur rumah yang dilihat Cheonsa tidak lain tidak bukan adalah rumah tempat dimana Daehyun barusan memasuki. Ceritanya Cheonsa ini lagi mengamati si Daehyun dari alam sana. Diilustrasikan dengan warna MV yang hitam putih, yang berarti dunia di alam sana. Seperti yang saya jelaskan di awal-awal tadi, Yongguk berperan menjadi afterlife-nya Daehyun di alam sana. Jadi, kesimpulannya, tulang ceker ayam raksasa yang menjadi latar belakang scene Yongguk adalah dunia alam sana. MV 1004  ini akan menceritakan dua sisi kehidupan yang berbeda, jadi untuk membedakan dunia-dunianya, digunakan warna MV yang berbeda. Berwarna sebagai kehidupan di dunia. Hitam putih sebagai kehidupan setelah di dunia. Gitu. Duh saya yang jelasin aja sampe kebingungan gini.

Lanjut, kembali ke scene Daehyun. Kali ini dia memegang pemutar video tua. Seperti biasanya, wajahnya masih galau.

page

Saya sudah bilang tadi, member-member lain B.A.P kecuali Yongguk berperan sebagai perasaan Daehyun ketika Cheonsa masih hidup pada berbagai sisi, kan? setelah Daehyun memegang pemutar video tua itu, langsung ada sosok Himchan yang muncul—juga dengan memegang pemutar video tua yang sama dengan Daehyun.

vlcsnap-2014-02-04-16h16m44s70

Yap. Himchan adalah sosok Daehyun di masa lalu. Kemudian Himchan memutar suatu film.

Film apa? Film yang berisi tentang kenangan dirinya (Daehyun—disini Himchan yang berperan) dan Cheonsa.

page1

Himchan adalah refleksi dari diri Daehyun yang selalu mengingat memori kenangan mereka berdua. Seperti pada film, memori kenangan mereka selalu berputar dan Himchan tidak bisa lepas dari memori itu.

Sesuai dengan line Himchan nih : “Ajikdo ni moksoriga deullyeo” yang artinya “I can still hear your voice”

Kemudian kembali ke Daehyun, kali ini dia melihat refleksi dirinya dalam sebuah kaca kecil

vlcsnap-2014-02-04-16h18m57s107

Setelah itu giliran Youngjae yang muncul sebagai refleksi dari perasaan Daehyun berikutnya. Berada di sebuah maze yang penuh dengan kaca.

vlcsnap-2014-02-04-16h19m48s100

Ini adalah lirik dari part-nya Youngjae :

Eotteoke saneunji nan moreugesseo (I don’t know how i’m living)

Niga tteonan ihuro michigesseo (after you left me, i’m going crazy)

Sesuai dengan liriknya, Youngjae adalah sosok Daehyun yang selalu berusaha mencari si Cheonsa, berlarian kemana-mana tapi selalu ga ketemu. Alhasil Youngjae terperangkap di dalam maze kaca itu terus dan dia frustasi. Frustasi karena selalu ngerasa ngeliat sosok Cheonsa tapi pas dicari selalu ga ketemu.

page2

Terus scene beralih ke Jongup.

Sebelumnya, kalo ditanya tempat favorite di dalam MV 1004 ini, saya langsung jawab: TEMPATNYA JONGUP.. Ada ukiran bentuk sayap dari batu yang super duper keren banget~

vlcsnap-2014-02-04-16h23m49s136

Tapi sayang disini Jongupnya nangis;A; kenapa dia nangis?

vlcsnap-2014-02-04-16h24m07s142

Jongup adalah Daehyun yang desperately pengen banget ke tempat dimana Cheonsa ada.  Lihat sendiri kan Jongup selalu mukul-mukul itu ukiran sayap dari batu? Nah artinya dia pengeeeeeeeeeeen banget ke tempat Cheonsa tapi sayangnya gabisa karena dia masih berada di sisi yang berbeda (if you know what I mean lah)

Lanjut. Kini Daehyun muncul lagi dengan memegang suatu mainan kuda-kudaan. Yang bisa goyang depan belakang itu loh.

vlcsnap-2014-02-04-16h24m32s153

Si Daehyun kemudian menaruh mainan kuda-kudaan itu di atas CD pemutar tua di depannya. Jadinya kuda-kudaannya itu ikutan muter. Hayo, jadi keingat apa?

vlcsnap-2014-02-04-16h24m38s201

Yup. Komidi putar. Kali ini si maknae Zelo yang bertugas buat memerankan Daehyun. Ceritanya Zelo itu Daehyun pas masa pre-debut masa kecilnya. Masih seneng-seneng pergi bareng si Cheonsa ke taman bermain. Main komidi putar. Saking senengnya mereka sampe ikut-ikutan muter-muter di depan komidi putar terus berpelukaaaan~ (np: teletubbies song)

Iya saya tahu scene ini berasa film India abis.

page3

Zelo adalah Daehyun yang selalu mengingat kenangan manis aja. Makanya kan dia scene-nya bareng si Cheonsa langsung. Kenangan-kenangan yang manis semasa dulu selalu pengen dia ingat terus. Hampir 11:12 sama Himchan sih. Cuman Zelo lebih ke arah kenangan yang paling awal(?) aja.

Buat aktingnya Zelo udah mulai ada peningkatan siiih. Walaupun ada beberapa scene dimana dia mukanya sumpah awkward banget pas harus acting sama si Cheonsa. Maklum masih anak kecil jadi pengalaman berkencan 0. Tapi yah udah mendingan dibanding pas waktu One Shot hahaha

Yak. Jadi Himchan Youngjae Jongup Zelo udah. Tinggal siapa? Yongguk!

Seperti penjelasan awal, Yongguk adalah afterlife-nya Daehyun. Jadi dia menceritakan Daehyun setelah dia berada di alam sana. Terus menceritakan apa?

Sebelumnya Yongguk keliatan lari-lari lagi nyari sesuatu kan? Nah sekarang habis lari-lari kan capek, mana yang dicari ga ketemu terus. Makanya Yongguk  udah bawa sekop raksasa nih buat persiapan. Bukan, dia bukan mau gali kubur buat dirinya, secara dia kan udah mati. Yongguk bawa sekop soalnya dia mau cari barang. Sudah bisa dipastikan barang kenangan antara dirinya (Daehyun) dan Cheonsa dulu.

page4

Udah digali sampe beberapa lubang tapi masih ga ketemu-ketemu. Jelas si Yongguk frustasi. Tapi walau gitu dia gaperlu khawatir karena dia bisa cari itu barang kenangan kapan aja since he has all the time in that world.

Pas akhirnya Yongguk udah berhasil nemuin barangnya, jelas lah Yongguk senengnya ga karuan. Sampe-sampe barang kenangannya langsung dipeluk sama dia.

page5

Ngepas si Daehyun juga lagi megang barang kenangan yang sama kayak Yongguk nih.

vlcsnap-2014-02-04-16h28m42s85

Nah~ semua member udah dijelasin satu-persatu, gimana sama si Cheonsanya sendiri?

Tadi di awal-awal kan udah keliatan kalo si Cheonsa ceritanya ngintip ngawasin Daehyun (member-member BAP lainnya), pengen tau gimana sih kehidupannya Daehyun setelah ditinggal mati sama dia.

Nah setelah tau kalo kehidupannya si Dae keliatan suffering banget, udah mau sinting lah saking gaterimanya kalo si Cheonsa udah mati. Si Cheonsa otomatis sedih dan nangis. Gitu.

page6

(btw denger-denger yang jadi Cheonsa ini salah satu member girlband TS yang bakal debut tahun ini ya?)

Nah setelah dijelasin peran member satu persatu serta si Cheonsa. Scene berikutnya juga merupakan kelanjutan dari peran tiap member. Lebih ke perbuatan yang akan mereka lakukan sih.

Such as Jongup, yang setelah beratus ribu kali mukul ukiran sayap batu, akhirnya ukiran itu pecah. Jongup udah ngarep banget dengan pecahnya batu itu dia bisa ketemu si Cheonsa.

page7

Emang sih Cheonsa ada di seberang, tapi tetep aja Jongup gabisa pergi ke tempatnya Cheonsa.

Terus si Youngjae, saking frustasinya gabisa nemuin tuh Cheonsa, dia sampe mukul kacanya. Otomatis tangannya langsung penuh darah.

page8

Yah kenapa Youngjae selalu dapet peran yang penuh darah-darah gini ya… di One Shot aja dia dapet peran buat disiksa, sekarang dia malah nyiksa diri sendiri-_-

Zelo, ada scene dimana dia mau nyalain komidi putar tapi terus komidi putarnya itu konslet padahal disitu ada Cheonsa. Duh ciyan banget sih surprise gagal.

Awalnya saya mikir, Cheonsa mati gara-gara apa? Masa gara-gara kesetrum listriknya komidi putar? Terus  saya mikir lagi. Oh mungkin ada scene gitu biar ceritanya perumpamaan aja.

vlcsnap-2014-02-04-16h32m37s143

Zelo yang awal-awalnya keliatan seneng banget sama si Cheonsa, sampe ada adegan nyaris cium HAHAHAHA duhdek mukamu plis.

…kemudian langsung kembali ke kenyataan kalo si Cheonsa itu udah ga ada. Galau deh adek satu ini.

vlcsnap-2014-02-04-16h32m08s106

Lanjut. Yongguk masih dengan muka relieved-nya setelah berhasil nemuin barang kenangannya sama Cheonsa.

vlcsnap-2014-02-04-16h31m58s225

Daehyun sendiri? Kali ini dia ngambil jam pasir yang sama kayak yang ada di sebelahnya Cheonsa pas dia lagi ngeliatin miniatur rumah.

vlcsnap-2014-02-04-16h30m23s77

Terus si Cheonsa di dunia sana juga ngambil jam pasirnya, diputer. Logikanya kalo jam pasir diputer pasti pasirnya turun kan?

vlcsnap-2014-02-04-16h30m29s123

Nah jam pasir yang Cheonsa puter itu pasirnya turun, tapi entah kenapa jam pasir yang diputer Daehyun itu nggak turun.

Seolah melambangkan Daehyun yang pengen memutar waktu kembali, kembali di masa-masa pas Cheonsa masih ada. Tapi gabisa. Miris banget.

page9

Daehyun nungguin jam pasirnya biar pasirnya bisa jalan dengan hopeless abis. Udah tau pasirnya gabakal jalan tapui tetep aja dia tungguin. Sekali lagi miris banget.

Lastly, Himchan.

Himchan yang ngeliat memori-memori lama dirinya dan Cheonsa. Diapun nangis. Nangis karena tau gabakal ada memori baru yang mengisi pikirannya, yang  ada hanyalah memori lama yang akan terus-menerus menghantuinya (saya juga ga ngerti ini saya nulis apaan sebenernya)

Nah, Himchan gamau terus menerus terpuruk dengan kenangan lama. Akhirnya dia nyari sesuatu.

page10

Yup. Pistol (LAGI?)

Himchan yang awalnya mau nembak layar filmnya, terus kemudian berhenti karena ngeliat refleksi dirinya di cermin.

Refleksi dirinya yang sedang mau nembak dirinya sendiri.

page11

Jadi, yang di dalam kaca itu Himchan yang dulu. Ceritanya Himchan yang di luar kaca mau ngebunuh Himchan yang di dalam kaca biar dia ga terus-menerus ingat sama Cheonsa. Biar Cheonsa ga terus menghantui si Himchan terus. Lah Himchan yang di luar kaca sendiri itu adalah Himchan yang hidup di dunia yang sebenernya udah ga ada lagi (lagi-lagi saya bingung kudu harus jelasin kayak gimana, intinya begitu;A;)

page12

Himchan yang di luar kaca nembak akhirnya. Himchan yang di dalem kaca pun nembak dirinya sendiri dan mati.

Akhirnya Himchan bebas dari segala kenangan dengan Cheonsa yang terus menghantuinya, tapi sebagai gantinya dia harus mati.

vlcsnap-2014-02-04-16h33m57s169

Bersama dengan matinya Himchan, MV 1004 ini pun selesai.

Advertisements

7 thoughts on “[MV Review] B.A.P – 1004 (Angel)

  1. Baby yong maru chan says:

    Eh ya boleh nambahin,kan?? Bwat BGM openingny yg pas yongguk lari2 tuh dari introny lagu Save me lho yg dlanjutin pas Yongjaengliat bayangan chonsa d cermin trus lampuny mati gtu.. hehehehe. Maksudny sih mungkin byanganny jadi gelap n mnghilang gtu.

  2. Baby yong maru chan says:

    Oh ya. Km blang km teralihkan perhatian km gara2 BB lain kan??Pasti exo?? Soalny q jg jd galau gara2 da exo.

      • Baby yong maru chan says:

        sbnernya sama jga sih. Q jga jdibingung pas exo debut abis q kan jga shawol jadi msti ngdukung mereka jga kan sbagai dongsaeng ny shinee. Jdnya q msti dukung exo pas sm town. Huhuhu….. Tpi sneng jga sih abis mereka jg keren2. Yang bkin nysek tuh pas b.a.p ga jadi ke indo gara2 da kebakaran hutan d riau. Yaaaa ga bisa liat Yong Chan jdiny…….

  3. Baby yong maru chan says:

    annyeong,chingu!! Naneun ttohan baby imnida. Kekeke….. Mian klo bahasa koreany masih amburadul. Q jg fans B.A.P. Awal tahu B.A.P dari sblum mreka debut. Dri pas appa Bang duet ma Jieun q dah suka ma appa Bang. Q qra Bang tuh mmber BB karna yg dpake duet pasti anggota BB. Kereeee….n bgt ngliat appa Bang pake hoodie yg nutupin ampir smuka tu(tp mna tau dy keren ya klo mukany ktutupan. Hehehe….). Oh ya btw knpa mv sblumnya ga di review jga?? Pa lg review an Badman kayany bakalan kocak bgt. Kesan q pas prtama kli liat teaserny Badman kaya da kompor meledug. Abis smua mmber mukany pada cemong gtu. Antara kasian ma pengen ktawa ngliatny. kekeke….. Skli lgi daebak lah buat review an ny…..

    • seijurossi says:

      annyeong chingu^^
      Wah, iyaa~ bedanya, setelah aku suka B.A.P, aku baru mulai nyari2 tentang aktivitas solonya Bang sama Zelo hehe
      iya nih, awalnya mau ngereview Badman, tapi semester kemarin lagi masa sibuk2nya jadi ga sempet >< tapi kalo B.A.P ngeluarin lagu baru lagi, akan diusahakan untuk direview kok^^
      Terima kasih reviewnya^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s