Geurae ULF Naega ULF, Auuu~~

Akhirnya setelah lebih dari setahun diPHP-in terus, akhirnya EXO comeback juga.Efek setahun digantungin terus sukses membikin banyak pengaruh tersendiri ke saya. Termasuk perubahan bias.

Ah, pada akhirnya saya yang setahun lalu bilang nggak bakal berubah-rubah lagi biasnya justru dilanggar. Tapi membicarakan masalah change-bias  syndrome kedua bakal dibahas lebih lanjut di postingan selanjutnya ya~

Oke, jadi tahun ini ga ada sub-suban di EXO. Ga ada kata K atau M. Yang ada sekarang hanya EXO. Mungkin itu maksudnya kenapa judul album mereka XOXO, yang kalo ditulis ulang bisa aja jadi eXOeXO.

Ga masalah sih, cuman kalo saya bilangnya telat. Harusnya kalau ujung-ujungnya dijadiin satu untuk promosi mending dari awal konsepnya 12 orang aja ga usah ada sub-suban-_- Efeknya kan jadi berasa banget. Kayak pembagian part lagunya yang masih belum tertata (menurut saya). Jadi walaupun udah tahu posisi mereka masing-masing tetep aja rasanya kurang seimbang :/

Kaya dulu di lagu MAMA M Version, Chen yang suaranya mayoritas ada di lagu, begitu di lagu Wolf bagiannya berkurang drastis. Saya bingungnya, Chen itu bukannya Main Vocal pas waktu di EXO-M? Bahkan kalau dibandingin sama Kai yang notabene justru posisinya Main dancer merangkap rapper, porsi nyanyi Chen lebih dikit. Sedetik kemudian saya maklum soalnya Kai disini juga diposisikan sebagai Center of The Group. Jadi maklum aja lah kalo bagiannnya dia banyak meski bukan Vokalis utama~

Terus, lanjut mengenai diPHP-in lebih dari setahun sama SM. Gara-gara itu banyak rumor EXO comeback yang kebanyakan hoax, terus juga banyak yang udah bocor sebelum rilis. Mulai dari lagu Wolf leaked version, trus Wolf Dance Practise juga sempet bocor sebelum akhirnya videonya diblock sama SM. Beginilah seorang EXO fans jika sudah muak diPHP-in terus-_-

Oke lanjut. Jadi ceritanya saya sempet denger Wolf yang leaked version dari temen saya. Awalnya saya males denger, tapi karena waktu itu jadwal comeback mereka udah pasti, saya jadi penasaran juga.

Waktu pertama saya denger intronya, saya langsung copot earphone (dengerinnya di handphone temen saya, insialnya V). Terus saya bilang, “Eh ini kan lagu daerah. Salah muter lagu ya?” dengan polosnya. Temen saya langsung natep saya dengan pandangan memaklumi. Ternyata emang intronya Wolf berasa lagu daerah. Ga cuma saya yang nganggep kaya gitu. Setelah dicoba dengerin lagi eh langsung ada intro dubstep. Berarti beneran ini lagunya.

Satu kali saya dengerin Wolf Leaked version. Saya bengong. Sedetik kemudian saya ketawa. Frustasi.  Temen sekelas saya cuma diem ngeliatin saya ngakak sambil pasang earphone.

Dengan rasa kefrustasian itu, saya dalam hati teriak, ‘KENAPA NYANYINYA PADA ABSURD KAYA GINI WOI.’

Kalau kalian pernah denger lagu Wolf Leaked version (bukan yang official version), kalian pasti mengerti kenapa saya bisa mikir kaya gitu, dan bukannya marah-marah hehe. Di Leaked Versionnya, saya cuma denger member K yang nyanyi. Jadi mungkin aslinya comeback-nya mau dibikin K & M Version tapi gara-gara lagunya bocor duluan jadinya mereka malah disatuin(?)

Di situ, menurut saya bagian nyanyi yang PALING normal cuma bagian rap-nya doang. Sisanya absurd dan menuju absurd. Yang paling absurd nyanyinya disitu tidak lain tidak bukan adalah Baekhyun. Meski Baek bias saya tapi mau ga mau saya mengakui kalau dia maksa banget nyanyi high note-nya di lagunya.

Kalau mau dipersingkat, ini reaksi saya ketika mendengar lagu Wolf Leaked Version :

  • Chanyeol, Kai first rap : *reaksi normal*
  • Kai rap – backsound Baekhyun di ‘Yeah keunillatdae’ : “Huh?”
  • Sehun first rap, Chanyeol 2nd rap, reff pertama di ‘Geurae wolf naega wolf auuu- : *normal kembali* “Bagus juga~”
  • Baekhyun’s part ‘A saranghaeyo’ : “WTF.”
  • Kai/Chanyeol(ga yakin) part ‘Nan neukdaego neon minyeo’  sampe reff 1 selesai : “What the..”
  • D.O part yang ‘Geobuhalsu eobsi gangnyeolhan’ : “Kok nadanya makin lama makin…”
  • Baekhyun part yang ‘Nan dansunhage joha’ : *koma*
  • Suho part : *balik normal lagi*
  • Someone part di ‘Jeo deoreoun neukdaenomi gyeolguk nal’ : “….” Asal tau aja, di part itu, siapapun yang nyanyi bener-bener persis orang mabuk yang dipaksa karaokean.

Kemudian lanjut ke rap part yang normal lagi, dan berlanjut ke reff 2. Masih speechless sama bagiannya Baekhyun yang ‘a saranghaeyo’. Itu…. terlalu…. ben…*lanjutkan sendiri*

Trus bagian klimaksnya yang dari ‘Neol motkkeunkesseo keunillasseo’ disitu D.O sama Baekhyun untuk pertama kalinya membuat saya goosebump gara-gara adlibs-nya mereka yang keren. Bahkan kalau dibandingin sama adlipsnya mereka yang di lagu official, saya jujur lebih suka yang versi leaked-nya. Sayang ga dipake</3

Trus berlanjut ke bagian yang bener-bener puncak dari high note, dan disitu Baekhyun bener-bener epic failed banget. Dan ke-epic failed-an itu berlanjut sampai akhir lagu. End.

Dengan frustasi, saya nanya ke temen saya: “Ini mereka nyanyinya cuma bercandaan doang kan? Iya kan? Kalau sampe versi officialnya juga kaya gini, bunuh gue aja. BUNUH.”

Begitu MV Wolf udah keluar, saya langsung sujud syukur. At least SM udah ngedit lagunya menjadi lebih normal. Ternyata SM mengerti juga bagian-bagian mana yang memang-tidak-seharusnya-dipakai-untuk-lagu-officialnya. Mayoritas high note yang failed di leaked udah ditutupi sama harmonisasi nada, atau karena disitu semua member EXO yang nyanyi jadi ada bagian yang dirubah part nyanyinya. Dan bersyukurlah karena di high note bagian klimaks, Chen ikut ambil bagian. Suka banget sama adlibsnya Chen di detik-detik terakhir lagu~ tapi saying adlibs leaked version-nya Baekhyun DO yang favorit banget itu ga jadi dipake di lagu officialnya..

Oh, iya, saya melupakan satu hal. Sebenernya dua sih.Satu, pronunciation WOLF di lagu official berubah menjadi WULF, dan karena W disitu pengucapannya samar, jadilah bagi saya mereka kaya ngomong ULF. Terus yang kedua, bagian sensasionalnya Baekhyun di Leaked Version Wolf dulu yang ‘a saranghaeyo’ tentu saja sudah dirubah. Dan Saya masih belum bisa menebak itu suaranya siapa. Semacam kaya suara cewek tapi kalo cewek suaranya gitu berarti dia jadi-jadian. Berarti cowok. Dan siapapun yang tahu siapa yang nyanyi bagian ‘a saranghaeyo’, kasih tau saya di komen ya hehe.

Next, gonna update about ‘change bias syndrome part 2’ and maybe talking about Wolf MV lol

Advertisements

3 thoughts on “Geurae ULF Naega ULF, Auuu~~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s