Refreshing From K-Pop, Hello K-Indie

Kemarin itu pertama kalinya saya mulai mendengarkan K-Indie. Accidently. Saya juga sebelumnya nggak pernah menyangka kalau saya bakal kepincut sama K-Indie. Karena, selama 2 tahun ini, saya hanya mendengarkan K-Pop dan berbagai OST saja. Kalaupun ada pengecualian, itupun hanya lagunya Soul Star. Selebihnya nggak ada.

Awal ceritanya sebenarnya seperti kebanyakan cerita, i accidently clicked ‘Acoustic Collabo – 그대와 나, 설레임 (Feat. 소울맨)’ di sidebar YT sewaktu sedang menonton video MAMA by EXO. Alasannya simpel, karena covernya benar-benar bikin penasaran. In the way of forest, here you can find an acoustic guitar.

Setelah itu, saya coba dengerin lagu tersebut. Dan kesan saya adalah, ‘Hey, it’s nice. Who’s singing this song?’

Terus saya coba klik video yang lain yang juga bergambar cover sama. Kali ini judulnya Sweet Love. Saat itu juga, sewaktu intro sudah diputar, dan ternyata it’s a jazz song, tiba-tiba suara bapak saya terdengar. Komputer di rumah saya memang terletak di dalam kamar orang tua saya. Jadi setiap kali saya lagi fangirling, bapak saya udah ngerti dan membiarkan saya…haha

Lanjut ke yang tadi, setelah suara bapak saya terdengar, coba tebak, bapak saya bilang apa? ‘Kerasin lagi suaranya. Lagunya enak. Lagunya bapak banget nih.’

Ya, bapak saya itu memang pecinta lagu bergenre jazz. Dan karena memang intro lagu Sweet Love itu tipikalnya tipikal lagu yang sering bapak saya denger, makanya bapak saya langsung bereaksi. Dan setelah itu, saya disuruh download album yang nyanyi Sweet Love, dalam kata lain Acoustic Collabo, biar bisa dimasukin di playlist bapak saya. Pas di tengah-tengah proses download, bapak saya nyeloteh, ‘Nah, lagu Korea yang bagus tuh yang kayak gini, bukan yang *menirukan parodi lagu Mr. Simple*’ hahaha. Yah, namanya juga udah beda generasi. Saya memaklumi sajalah.

Skip. Intinya setelah selesai download, saya langsung muter satu albumnya Acoustic Collabo yang berjudul Unplugged. Dan saya langsung jantuh cinta pada saat itu juga. Musiknya benar-benar menenangkan hati. Tentunya dengan vokalnya yang perpaduan antara cute and strong.

Lanjut, besoknya, alias hari ini, saya kembali mendengarkan full album Acoustic Collabo, dan saat itu juga, eonnie violetkecil memberikan saya link tentang K-Indie. Fyi, eonnie violetkecil juga ternyata satu hati sama saya yang juga lagi addicted sama K-Indie. We have been talked so many things related to K-Indie via Twitter. Dan karena rekomendasi sama eonnie, saya pun mulai mencari-cari lagi lagu K-Indie yang lain. Dan sejauh ini, favorit saya selain Acoustic Collabo adalah Standing Egg, Geeks, dan Urban Zakapa. Masing-masing mempunyai ciri khas masing-masing. Seperti Acoustic Collabo yang menonjolkan alunan dari gitar akustiknya, Geeks yang selain bernada lively, juga didominasi oleh rap (dan gaya rap nya sangat GD sekali), Urban Zakapa dengan strong voices from 4 vocalist, dan Standing Egg dengan komposisi lagunya yang super sekali.

Berikut daftar lagu favorit saya sejauh saya mendengarkan 2 hari ini (dan pasti akan berubah-rubah lagi semakin saya sering mendengarkannya)

Acoustic Collabo

~그대와 나, 설레임 (Feat. 소울맨) atau You & I, Amused kalau diterjemahkan. Lagu K-Indie yang pertama kali saya dengarkan dan sampai saat ini masih jadi lagu terfavorit saya di Acoustic Collabo. Nice lyrics and vocals. Dengerin ini berasa lagi lihat drama romance. Hahaha

~Sweet Love. Lagu kedua yang saya dengarkan dan juga langsung jadi favorit. Iringan jazzy nya langsung serasa membawa saya ke jaman musik lawas. Part favorit saya di sini adalah: “Saranghae Baboya” :p walaupun maksudnya bukan seperti yang kalian pikirkan. Mungkin ‘baboya’ itu bagi penulisnya kayak kata ‘chagiya’ gitu. Pokoknya, memang benar-benar sweet banget deh lagunya. Must listen to it.

~My Foolish Heart. Awal dengerin, sounds similiar to me. Apa ya, kayak lagu highlight di drama musikal atau lagu tema Disney Princess. Dan ternyata memang lagu ini adalah lagu yang diremake ulang. Saya kurang tahu siapa original singernya. Yah, pantas saja. Soalnya lagu ini pake bahasa Inggris semua. Tapi ini juga sangat direkomendasikan lho, terutama buat para galauers di malam minggu /plak

~Forest. Satu-satunya full instrumental song yang saya dengarkan sampai selesai. Lagu ini membuat saya serasa di dalam hutan, bermain dengan air terjun di kala pagi hari…(saya juga nggak tahu kenapa tiba-tiba ada air terjun di bayangan saya) tapi beneran kok. Coba deh dengerin lagunya, pasti hal pertama yang kebayang mesti hutan.

Standing Egg

~햇살이 아파 (With 한소현 Of 3rd Coast) atau The Sun Hurts. Dari awal intronya mulai aja saya langsung addicted. Dan lirik pertama di lagu ini tidak lain adalah judul lagunya sendiri. Dengan genre folk pop, dan terasa seperti hawaiian style, ini adalah lagu Standing Egg pertama yang saya rekomendasikan 😀

~둘이 아닌가 봐 (With Christina Love Lee) atau We Are Not Couple. Lagi-lagi karena mendengar intronya, saya langsung kepincut sama lagu ini. Lagu ini juga mengingatkan saya akan lagu-lagu jazz lawas. Mungkin karena efek terompetnya yang mantap sekali. Recommended for you!

Geeks

~그냥 가요 (Feat. 조현아 Of Urban Zakapa) atau Just Go. First, genre dari Geeks dan Urban Zakapa itu benar-benar saya banget. Apalagi ditambah Geeks berkolaborasi dengan Jo Hyun Ah (the only female vocalist in Urban Zakapa, love her unique voice!) lengkap deh..  tapi walaupun genre mainstream mereka ke Hip Hop, di lagu ini jazz-nya juga kerasa. Dan itu semakin membuat lagu ini menjadi the most recommended di lagunya Geeks.

~커피를 마시고 (Remix) atau Cafe Latte Remix. Ini sebenernya lagu dari Urban Zakapa, tapi diremix ulang sama Geeks. Dengan ditambah rap yang memang sudah menjadi ciri khas mereka, lagu Cafe Latte berhasil dibuat semakin catchy dan lively. Ngomong-ngomong, suara rapnya bener-bener kayak GD.

Urban Zakapa

~커피를 마시고 (Reprise) atau Cafe Latte. Ini adalah lagu original dari lagu Cafe Latte yang diremix sama Geeks. Aslinya lagu ini tanpa rap. Dan memang, versi original selalu yang terbaik(tapi saya juga suka versi Geeks) cinta mati sama seluruh Reff-nya. Terutama yang bagian : “Baby, baby, tonight”. Mendengarkan lagu ini langsung membuat saya membayangkan duduk di sebuah kafe pagi-pagi buta, meminum secangkir Latte, dan memikirkan seseorang yang disayangi (hahaha).

~Crush (Reprise). First time hearing this song and i just have a crush onto it. Urban Zakapa memang paling mantep kalau mengenai vokal. Di sini, unsur jazzy juga terasa. Dan saya suka sekali bagaimana Urban Zakapa mengemas lagu ini. Smart and the result is always perfect.

~Something Special. Dari awal denger detik pertama, yang mereka nyanyi: “Something special” langsung saya suka banget. Lagi-lagi saya terpesona dengan keempat vokalist Urban Zakapa. Ditambah suara terompet semakin membuat lagu ini cocok untuk didengarkan.

~Beautiful Day. Ini adalah salah satu BGM song-nya Yongseo di WGM lho. Makanya lagu ini bernuansa paling cute dan tentu saja catchy. Untuk yang kesekian kalinya suara keempat vokalis di Urban Zakapa benar-benar keren. Rasanya mereka semua cocok untuk menyanyikan lagu dengan berbagai jenis.

Ya. Sementara itu daftar lagu favorit saya. Untuk kedepannya saya akan menulis tentang K-indie lagi dengan new favorite songs 😀 bye-bye! Oh ya, yang suka K-indie, komentar aja ya. Saya sekalian pengen share lagu-lagu favorit di K-indie nih…

**UPDATE MORE K-INDIE RECOMMENDATION**

K-indie #2

K-Indie #3

K-Indie #4 + K-Hiphop

30 thoughts on “Refreshing From K-Pop, Hello K-Indie

  1. finalfi says:

    agak merinding gitu ya ketemu orang orang yg ternyata sejalur suka k.indie 😂😂
    btw, coba dengerin lagu2nya crucial star , jeff bernatt.
    kuy lah berteman kuy, biar bisa sharing2 lagu. hehe

  2. Dony Setiadi says:

    lagi mau nyoba lagunya soul star, eh nyasar kesini. hehehe
    sebelumnya salam kenal ya semuanya, enak ngiobrol nya kalo genre nya setipe.

    Saya udah suka K-Indie dari 4 – 5 tahu yg lalu, lagu yg saya denger sih bukan kebanyakan pendengar Indie Pop (mungkin). pertama yg saya denger itu musiknya dri group K-Indie “Casker” genre nya sih Indie Electro pop & Lounge. ternyata keren keren lagu nya.tempo beatnya slow to middle. Coba dengerin deh. tapi yg agak slow nya. beuh berasa ada di pantai, gunung atau seperti dipadang yg penuh berbunga.. hahaha *apaan sih

    setelah itu, sy mulai nyari yg lainnya dan ternyata nemu banyak buangett yg sy suka lagu nya.
    sy kasih beberapa lagu indie nih, kali aja ada yg suka (saya ambil yg paling sering diputar diplaylist saya)

    1. Jang Yoon Joo – Fly Away
    2. Min Chae – Rain (coba denger di caffe/ longue saat ujan sambil minum Caffe latte lol)
    3. Tete feat. Fromm – Sweet Secrets (Fromm suaranya mirip penyanyi barat “DIDO”)
    4. Aquibird – My Name
    5. Be Sweet – 슬프다는 말
    6. Common People (커먼피플) – 아무도 없다
    7. Cotton Candy – 어떻게든 살아보려해 (Feat. Panini)
    8. HEART SHAKE – 거북이는 의외로 빨리 헤엄친다
    9. HeORa (해오라) – Love Love Love
    10. Sogyumo Acacia Band – Hello
    11. Ruppina – 그대는 소중한 사람이죠
    12.Yohappie (조하피) – Uhwa Dungdung My Baby (sweet banget dah)
    13. Lucite Tokki – 12월 (lagunya adem bgt)
    14. Misty Blue (미스티 블루) – Summer Palace (여름 궁전)
    15. Autumn Vacation – 가끔 미치도록 네가 안고 싶어질 때가 있어

    ok segitu aja dulu dari saya, semoga pada suka ya.

    my email : dony.asiansky@yahoo.com

    nice to meet you guys. 🙂

  3. ^Areum Park^ says:

    wah terima kasih, ini membantu sekali buat saya yang kebetulan pengen ngedengerin genre baru, oh ya kalo ga salah lagunya urban zakapa yang cafe latte itu juga diremake sama BTS buat lagu coffee di album o!rul82

  4. ^Areum Park^ says:

    wah terima kasih ini membantu sekali karna kebetulan lagi penat sama lagu kpop, oh ya ngomong ngomong lagunya urban zakapa yang cafe latte itu juga diremake ulang ya sama BB BTS yang judulnya coffee

  5. muthiah says:

    wah, kayaknya kita punya selera yang sama ya chingu!
    aku biasanya cuma tertarik sama OST atau Kpop nya, tapi waktu itu aku gak sengaja muter-muter lagu k-indie di youtube dan jeng jeng jeng……… aku sekarang suka banget sama k-indie. waktu itu yang pertama kali aku denger itu urban zakapa sama epitone project, dan emg udh jatuh cinta sama mereka…terus lanjut ke soulstar, 10cm, milktea, sampe nemu acoustic collabo:)).
    pokoknya beda banget feel-nya kalo denger k-indie, lebih jazzy dan soft gitu

  6. Song Euncha says:

    Kebetulan banget nemu postingan ini!
    Aku lagi jenuh sama K-pop dan mulai melirik K-Indie. Ternyata lagu2nya asik banget. Ah! Aku mah paling suka sama ‘River’-nya Urban Zakapa.
    Eh, makasih banyak loh rekomendasinya. Aku mau donlotin dulu semua yang kamu rekomendasikan di sini.
    Thank u 😉

  7. ctzmimi says:

    Berawal dari google,ketemulah tempat dimana para pecinta music K-Indie (?)
    Hehe,oke ini ga penting.

    Kalo penyanyi musik k-indie,yang saya suka sih namanya Lucite Tokki ya. Pertama kali,saya denger lagu dia itu judul-nya ‘Rainy Day’ dan langsung naksir (?). Lalu coba searching lagi dan ketemulah yang judul-nya Go, Grow to Low, dll. Jadi menurut saya,coba denger deh Lucite Tokki. Siapa tau cocok ditelinga hehe 😀

    Ini juga, Vanilla Acoustic. Yang ‘Goodbye June’ dan ‘Candy Floss’. Lagu-lagu Vanilla Acoustic emang rata-rata enak sih 😀 Dijamin gak nyesel deh hehe.

    Jujur sih,kurang tau banyak juga soal k-indie,soalnya juga baru tau belom lama hehe. Tapi saya juga suka sama Acoustic Collabo. Apalagi yang ‘First Love’s Melody’. Itu lagu Acoustic Collabo pertama yang saya denger dan langsung bikin jatuh hati,hehe 😀

  8. mufti says:

    mmm, aku salah satu fans urban zakapa. maaf yang lagu beautiful day dan something special (keduanya dalam mini album). vokalisnya hanya tiga. ke 6 personil lainnya sudah keluar

  9. TAMA says:

    Awalnya denger lewat WGM, coba search di internet ngga nemu. Dan akhirnya nemu juga 😀 Acoustic Collabo emang seger lagunya

  10. chevelleanne says:

    Senengnya dapat temen sejalur (?)
    Saya juga sukkaaaa banget sama K-indie
    Sejauh ini, saya cuman ngoleksi lagunya Peppertones, Urban Zakapa, Acoustic Collabo, Mocca (ini sih band indie indo :p), Dalmoon (oksang dalbit), Standing Egg, sama Busker-Busker
    Aku sih saranin Peppertones, suka banget, walau musiknya bukan Acoustican, mereka lebih ke electro gimana gituh
    Banyak instrumentnya sih, but i like it
    Sama BrotherSu enak kok, tapi aku masih belum bisa nemu albumnya 😦

    Geeks bagus ya? Wahh.. Jadi pingin denger nih 😀

    Untuk yang komen sebelumnya, ada yang nyebutin Vanila Acoustic kan? Wah! Superb! Lagunya bagus
    Aku cuan tau You’re My Baby aja, tapi langsung kepincut. Saya belom bisa nemu linknya 😥

    Itu dulu ya unn 🙂

  11. Hikari_Ishida says:

    my first k-indie songs from MATE…brawal dr unsur g ksengajaan aj sh…trus nemu Urban Zakapa lwt single christmas mereka akhir taun kmrn..
    trus udh ngenal Acoustic Collabo, UV, Nell…banyak deh #lupa
    K-indie emang jd penyembuh pas lg bosan ma K-pop yg akhir2 ini d banjiri grup2 yg mkin lama mkin gaje muarax dr mna #peace

  12. weaweo says:

    Kekeke, aku mau ngajak kamu tos saeng, ayo tos bareng #ngek *angkattangankanan* XD
    Kalau aku pertama kali dengerin K-Indie itu lagunya Standing Egg yang Have You Ever Fallen in Love yang akustikan. Gilaaaaa! Langsung suka lagunya, apalagi yang The Sun Hurts. Most played di playlistku ><
    Ternyata banyak musisi Korea yang lagunya bagus-bagus juga. Lumayan bisa jadi rekomendasi download-an hihihi. Makasih yah~ XD

    • weaweo says:

      Ih kepotong komenku. WordPress minta dijewer, aku udah nulis panjang banget padahal .___.
      Tambahin ah, Urban Zakapa juga keren (>o<) Pertama dengerin itu Cafe Latte, sekarang aku suka hampir semua, tapi favoritku Cafe Latte, My Love, sama Sweety You.
      Anyway, pas aku nulis ini tahu-tahu The Sun Hurts keputer, padahal playlist aku set shuffle. LOL, kayaknya dia tahu aku baru ngomongin dia #plak XD

  13. time2acoustic says:

    Emang Keren banget Urban Zakapa, lagunya asik2 😀

    Baru tau juga ada Acoustic Collabo, yang ngga kalah asiknya…

    Oh ya, ada 1 penyanyi juga yang bagus juga, Mi namanya, check this out :

  14. afro says:

    dengerin juga vending machine coffee shop, MATE, 3rd coast ato vanilla accoustic ini juga band2 indie korea yang bagus…

  15. chi2chokyulate says:

    annyeong 😀 lagi nyari2 lagu k-indie baru malah nyasar k sini 😀

    aku jg belakangan lg doyan bgt lagu k-indie nih karena relaxing bgt 😀 fave Standing Egg, Dalbit, Taru sama Yozoh. *xixixix~ ga ada yg nanya jg*
    aku mau rekomendasiin lagu Standing Egg, yg 사랑한대 bagus loh [Standing Egg ft Windy]
    휸식 jg bagus ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s