Talk About EXO…and EXO

Kemarin baru aja lihat berita-berita tentang Boyband barunya SM, EXO. Seperti yang sudah saya duga, pasti langsung jadi topik yang banyak dibicarain (bahkan sampe masuk TT segala)

Jujur sih, saya emang udah lama banget nunggu EXO ini debut, soalnya udah pasti bakal bagus dan pasti bakal sukses (melihat contoh BB dan GB SM sebeLumnya), saya kira semua orang juga bakal ngerasain yang sama, tapi ternyata…nggak semua.

Baru saja, saya liat beberapa tanggapan orang-orang tentang BB EXO di Twitter. Dan ternyata nggak sedikit yang langsung nggak suka sama mereka, ngebash mereka, BAHKAN LANGSUNG JADI ANTISNYA. (padahal debut aja belum…)

Dan yang lebih mencengangkan lagi, kebanyakan yang nggak suka sama EXO ini justru dari fandom-fandom satu managemen sama EXO(saya nggak akan menyebutkan fandomnya karena pasti udah pada tau semua). Saya mikir, kok bisa ya? Padahal EXO ini kan bentar lagi bakal bergabung sama keluarga SMTOWN, bukannya disambut, makah justru di-bash…

Terus saya coba cari tau alasan mereka nggak suka sama EXO, dan ternyata, ini alasannya :

EXO-K and EXO-M are new boy groups who will lead the world music industry from now on

(from EXO’s official facebook)

Melihat kata-kata ini, saya jadi maklum sih, soalnya, kan, salah satu BB di SM memang sudah diberi embel-embel ‘leader of music industry’ di mana-mana, dan mereka emang pantas dapet istilah itu. Mungkin bagi yang fandomnya dari BB itu, mereka nggak rela kalau EXO ini bakal ngegantiin BB itu, dan tetap bersikeras menganggep BB-nya itu yang paling terbaik dan akan selalu menjadi yang terbaik.

Ehm, ngomong-ngomong ya, saya juga seorang fandom BB itu lho (lihat aja profile saya), mungkin lebih dari seorang fandom, intinya saya emang bener-bener cinta mati sama BB itu, tapi saya nggak ngerasa tersinggung waktu ngeliat kata-kata di atas. Mungkin, ya, MUNGKIN, SM emang berencana buat bikin satu BB yang suatu hari bakal ngegantiin BB terdahulunya ini, tetapi bukan berarti BB terdahulunya ini nggak bakal jadi ‘lead of music industry’ lagi lah. Tau istilah regenerasi? Nah, itu maksud saya.

Lagipula kalau dipikir-pikir baik-baik, sekarang BB itu memang sedang dalam masa-masa terberatnya, kalian tahu sendirilah, member-member yang tiap tahun bakal ada yang wamil. Nah, wamil kan sampai 2 tahun, itu berarti BB itu bakal kembali utuh lagi tahun 2016/2017 (menurut notes FB yang pernah saya baca sih), nah dalam jangka waktu yang  nggak pendek itu pasti ada masa-masa di mana kita bakal bosen nunggu kan? Walaupun cuma satu kali, tetapi pasti ada. Nah, menurutku, di jangka waktu itu, SM berusaha ngasih ‘sesuatu’ dengan cara mendebutkan EXO ini. Kalian yang SM Biased pasti udah tahu kan sifat-sifatnya SM itu kayak gimana? Kalau ada kesempatan, pasti langsung digunain sebaik-baiknya. Nah, di ‘waktu kosong’ itulah yang SM pilih.

Jangan langsung ngejudge yang enggak-enggak sama EXO. Saya juga baca, ada yang bilang kemampuan EXO nggak bisa melebihi BB terdahulunya. Darimana kalian bisa berpikiran seperti itu? Memangnya kalian udah pernah denger lagunya EXO? Lihat dance-nya EXO? Don’t judge a book by its cover. Siapa tahu EXO itu berbeda dari yang kalian bayangkan, dan saya yakin EXO itu punya kemampuan, punya potensi (kalian lupa lagi? EXO itu dari salah satu manajemen terbesar di Korea lho)

Saya ngomong gini bukannya mau ngebela EXO, tapi saya sebagai salah satu fandom dari BB yang dibandingin sama EXO, saya juga mau negasin kalau nggak semua fandom dari BB itu ngaak suka sama EXO, dan saya salah satunya. Saya justru excited banget nungguin mereka debut.

Kalian tahu SNSD? Tentu saja tahu lah, siapa yang nggak tahu SNSD? SNSD itu bisa dibilang GB no #1 di Korea sekarang. Ini emang udah kenyataan lho. Walaupun ada yang nggak terima tetapi tetep aja predikat ini udah lama melekat di SNSD.

Buat SONE(fandom-nya SNSD), pasti tahu lah perjuangan keras SNSD sebelum mereka bisa menjadi seperti sekarang. Dulu, bahkan sebelum debut, SNSD itu langsung banyak antisnya. Saya kurang tahu apa alasanya, yang jelas saya dapet berita kayak gitu. Setelah debut keadaan nggak jauh berbeda, justru makin banyak antis SNSD yang bermunculan. Banyak yang ngebash habis-habisan, dan begitulah.

Tetapi, waktu bergulir, lama kelamaan nama SNSD mulai menjadi besar, saya yakin pasti mulai dikenal sejak jaman lagu ‘Gee’. Dan itu tahun 2009. SNSD itu debut tahun berapa? 2007. Nah, berarti butuh 2 tahun kan untuk bisa membuat nama SNSD menjadi besar. Dan itu sangat berat perjuangannya.

Saya tiba-tiba bicarain SNSD karena keadaannya EXO hampir sama seperti mereka dulu. Belum debut, banyak antis. Tapi siapa tahu beberapa lama kemudian EXO bakal banyak yang suka? Bakal banyak yang jadi fans beratnya sampai-sampai bisa galau? Bakal ada site fanfiction khusus EXO? Bakal ada cover dancenya EXO? Who knows?

Jadi, lebih baik sekarang kita tungguin aja sampai EXO debut, baru kalian boleh berpendapat. Jangan langsung main ngebash sembarangan aja tanpa tahu lagunya sama sekali.

Saya di sini jujur cuma mau curhat saja ya, jadi postingan ini bukan untuk mencari masalah 🙂

Cheers,

Nindirau

 

8 thoughts on “Talk About EXO…and EXO

  1. Yundani says:

    Hello ^^

    Iya sih, kasian juga kan kalo EXO banyak di bash. Mirisnya yang nge-bas justru kebanyakan e*f penggemarnya s**** ju**** yang satu agensi sama EXO. Padahal EXO dancenya gak jelek jelek amat kok.

    Mungkin banyak yang bilang dance EXO kurang ‘ctaaaaar’ dari Super Junior. Itu ‘kan karena EXO masih baru. Gimana 7 taun lagi? Pasti kemampuan dan skill EXO bakalan bertambah banyak. Atau banyak yang bilang EXO terlalu ‘mesra’ pada sesama anggota sehingga dibilang h**o atau g*y. Padahal, di Korea cipika cipiki dengan sahabat sesama jenis itu sudah biasa.

    So, jangan buru buru nge-bash sebelum melihat lebih detail ^^

  2. fidella says:

    Choneun Fidella imnida…
    Iya kasian juga ya… EXO blm debut aja udh bnyk antisnya padahal EXO keren kok.. ^^

  3. kris93 says:

    Yang aku tau sih SNSD banyak antis sebelum debut gara2 SNSD kan ‘konsepnya’ SJ versi cewek, jadi banyak ‘immature’ ELF yang ‘kesel’ 🙂
    Yaah, kayak CSJH The Grace & f(x)
    Btw, salam kenal yaa~
    Kris imida ^^
    Aku juga pecinta sapphire blue looh, tapi malah (kelewat) excited nunggu EXO debut, hihihi

Leave a comment